[Review Album] Parisude - Sudut Pandang EP

"Sebuah Sudut Pandang Baru yang Menyegarkan"
Oleh : Aga Rasyidi Sukandar

"Semuanya t'lah dikerahkan. Semuanya pastikan kembali pada-Nya. Pastikan kembali pada Sang Kuasa". Mungkin pertama kali melihat penggalan lirik itu, pikiran kita langsung merujuk kepada lagu religi dan artis pop dekade lampau. Bimbo? Guruh Soekarno Putra? Tentu saja bukan, karena itu adalah penggalan dari lagu "Batas Insan" milik Parisude. Sebuah duo electronic pop/worldmusic/unic(universal ethnic) asal Jakarta.

Mungkin sudah jarang ditemui akhir-akhir ini, khususnya dari skena independen atau non-mainstream, musisi yang menggunakan padanan kata dan mengedepankan lirikal yang kuat bertemakan relasi dengan yang "diatas" hingga ke-bhinekaan dalam setiap lagu-lagunya. Namun fakta yang satu itu tampaknya tidak berlaku kepada Parisude yang beranggotakanYudhistira Mirza (Synth, Guitar, Live PA) dan Amanda Chitarra (Vocal, Loops) ini. Melalui konsep yang kuat, Parisude (yang menurut bahasa sansekerta artinya "Perjalanan Hidup") berjalan dengan nyaman sembari merilis EP Perdananya yang berjudul "Sudut Pandang".

Secara keseluruhan, Parisude memang menegaskan world music ataupun ethnic fusion sebagai atmosfir di setiap lagu-lagunya. Track pertama "Bhineka" tampil sebagai pembuka yang pas dengan aroma asian folk songs dengan sentuhan sampling-sampling musik elektronik, bercerita tentang persatuan dan kesatuan, menebarkan cinta di tengah perbedaan, dan keberagaman. Lanjut di lagu-lagu berikutnya "Savior" , "Batas Insan" (salah satu track favorit saya) dan "Simple Pattern" yang secara tegas mengedepankan kualitas Amanda Chitarra sebagai vokalis di Parisude, dengan langgamnya yang agak Asia Barat-is dicampur Jawa (mungkin?). Album akhirnya ditutup dengan sebuah bonus track "Memori" yang easy listening, menandakan berakhirnya perjalanan saya melalui berbagai sudut pandang baru yang diberikan Parisude. Sebuah sudut pandang yang menyegarkan di blantika musik tanah air tentunya.

More info : http://parisude.tumblr.com


Parisude - Bhinneka (Official Video) from parisude on Vimeo.

Posting Komentar

0 Komentar

Delete this element to display blogger navbar